Bjorka RX

 

Siapa Itu Bjorka? Yuk Mengenal Dunia Hacker dan Cyber Security




Bjorka, ternyata ada banyak hacker Indonesia yang menghebohkan Indonesia bahkan dunia internasional. Seperti di tahun 2019, Putra Aji Adhari, hacker asal Jakarta Selatan berhasil menembus situs bank dalam negeri dan menerobos situs NASA. Karena keahliannya itu, anak muda jenius ini pernah diajak bekerja sama oleh salah satu start-up untuk memegang posisi Chief Technology Officer (CTO).

Beberapa cerita di atas membuka pikiran kita bahwa situs besar milik Amerika Serikat pun dapat diretas oleh hacker, sebenarnya apa itu hacker?


Hacker, Si Peretas

Hacker adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer jaringan atau keterampilan lainnya untuk mengatasi masalah teknis. Dalam bahasa Indonesia, arti hacker adalah peretas. Hacker menggunakan keterampilan teknis untuk mengeksploitasi pertahanan keamanan siber.

Dapat diibaratkan, sebuah situs adalah rumah, hacker seperti Bjorka ataupun Putra Aji Adhari adalah maling, sementara programmer adalah mandor yang membangun rumah (situs) tersebut. Dengan kata lain, hacker adalah pelaku yang melakukan kegiatan meretas atau membobol keamanan suatu jaringan internet. Hacker akan menguji kerentanan keamanan suatu jaringan. Tujuan dari peretasan tersebut juga sangat beragam, mulai dari untuk mendapatkan akses secara ilegal ke komputer, jaringan, sistem komputasi, perangkat seluler, ataupun sistem internet.


Pentingnya Cyber Security

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menekankan pentingnya keamanan siber (cyber security) di era serba digital seperti saat ini. Pasalnya, beberapa kali website pemerintah terkena serangan siber dari para peretas atau hacker. Padahal hal ini dapat menyebabkan data-data penting milik pemerintah dicuri. Tak hanya di Indonesia, negara-negara lain pun sangat rentan diretas dan tentuya dapat merugikan banyak orang ataupun pihak.

Di sinilah pentingnya cyber security. Cyber security adalah tindakan untuk melindungi perangkat, jaringan, program, dan data dari ancaman siber dan akses ilegal, termasuk oleh para hacker. Tidak hanya mengincar perusahaan besar, ancaman siber juga menyerang bisnis kecil hingga kalangan pribadi. Contohnya, seperti mengakses informasi sensitif, mengubah atau bahkan menghancurkan data-data penting.

Berbagai jenis ancaman siber inilah yang membuat cyber security penting untuk dipahami, sehingga keahliannya sangat diperlukan di era serba digital sekarang ini. Profesi di bidang cyber security menjadi profesi yang paling dibutuhkan dengan prospek masa depan yang sangat cerah.



Komentar